Sunday 21 September 2014

Nikmatnya Menghangatkan Diri di Kolam Air Panas Cangar



Wisata yang satu ini berbeda dengan yang lain. Umunya air pegunungan itu dinginnya hampir mencapai titik 0oC. Tetapi kalau disini, panasnya air bisa mencapai 38-41oC. Selain untuk berendam, air sepanas itu juga digunakan untuk berwudlu dan buang hajat lho ! Bayangkan bagaimana itu panasnya !

Sumber mata air panas cangar sendiri berasal dari Gunung welirang, sebuah gunung yang menghasilkan belerang. Wisata yang termasuk dalam kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo ini menyediakan beberapa kolam pemandian. Selain orang dewasa, anak-anak pun bisa menikmati kolam pemandian air panas disini. Karena disini juga terdapat kolam untuk anak-anak. Disini juga ada yang dikhususkan untuk wanita.

Selain kolam, wisata ini juga menyediakan Flying Fox. Wahana permainan yang memacu adrenalin Anda. Hanya dengan uang sebesar Rp15.000 per orang, Anda bisa menikmati permainan yang panjangnya sekitar 50m ini. Anda bisa mengambil gambar Anda ketika berada diatas Flying Fox. Tersearah mau pakai kamera pribadi atau kamera petugas, tentunya ada biaya tambahan tersendiri. Satu lagi wahana yang disediakan di area ini yaitu Goa Jepang. Goa ini merupakan peninggalan dari masa pendudukan Jepang, tahun 1942 – 1945.


Sebelumnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menuju tempat ini. Yang pertama, pastikan kondisi kendaraan Anda baik. Kedua, pastikan beban yang dimuat tidak melebihi batas maksimal muatan, termasuk penumpang dan barang. Ketiga, pastikan sopir kendaraan Anda merupakan sopir yang handal, ulet, & berpengalaman dalam berkendara di pegunungan.

Mengapa harus dipenuhi ? Karena rute perjalanan ini sangatlah ekstrim. Sudut kemiringannya ada yang mencapai 45o. Tidak jarang saya temui mobil mogok di tengah perjalanan karena mesinnya kepanasan. Saya berharap itu tidak terjadi pada kendaraan Anda.

Bagi yang tempat tinggalnya di sebelah utara Kota Batu, Anda bisa melalui Kec. Pacet-Mojokerto. Dari by pass Pacet, putar sedikit trus belok ke kiri / ke arah selatan. Kemudian lurus terus mengikuti jalan. Kira-kira 24 Km sampailah Anda di kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo.

Di sepanjang perjalanan ke sana, sebenarnya ada beberapa tempat wisata yang cukup ramai oleh pengunjung. Diantaranya Lesehan dan Kolam Pancing Agung. Namun karena pertimbangan waktu dan jaraknya yang jauh, kami tidak singgah di tempat tersebut.

Karcis masuk area ini hanya Rp5.500 per orang. Anak berusia 5 tahun dihitung 1 karcis. Karcis tersebut sudah termasuk jaminan keselamatan pengunjung yang dibebankan kepadanya sebesar Rp200. Meskipun begitu, kita sendiri harus berjaga-jaga terhadap keselamatan jiwa kita sendiri. Selagi alam masih bersahabat dengan kita, jangan sampai kita membuatnya marah. Jagalah selalu kelestarian bumi kita tercinta untuk kesejahteraan anak cucu kita nantinya.

Galeri Foto:
Kolam untuk anak-anak

Suasana di kawasan Kolam Pemandian

Baca sendiri  :)

Kolam ini tidak gratis !!!

Tiket masuk Rp5.000 untuk masuk ke kolam ini

Kasihan sekali mbah tua itu terpinggirkan

Kata bocah jaket hitam: "Itu Mbahku bukan, ya?"

Kolam yang gratis yang paling rame :)

Tampak dari atas bukit

Jalan menuju Goa Jepang cukup jauh, terjal dan berbatu

Petunjuk arah, agar tidak tersesat
Permisi ya Mbah !

2 comments:

  1. Nice gan, jadi pengen main kesana nih :)
    Nih blog makin berkembang aje, ada submenunya gitu :) manteb dah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan dan apresiasi yang kesekian kalinya. Ane jadi semangat nulis lagi nih, setelah sempet ada niatan fakum di blog ini.

      Delete

Tinggalkan komentar, walaupun sangat menyakitkan bagi saya. Karena itu akan sangat berharga bagi saya pribadi dan blog ini.