Friday 4 April 2014

Liburan di Batu Night Spectacular (BNS) & Jatim Park II

Kota Batu merupakan kota yang terletak di sebelah barat Kabupaten Malang. Kota yang terkenal akan wisatanya, makanya biasa disebut Kota Wisata Batu. Kota ini tergolong kota wisata karena banyaknya destinasi wisata yang tersebar di wilayah kota ini.

Jatim Park II & BNS tampak depan

Salah satu yang paling terkenal adalah Jawa Timur Park II. Wisata yang sangat cocok bagi semua kalangan dari balita, anak-anak, remaja hingga dewasa. Mereka bisa menikmati wahana-wahana yang tersedia disana sepuasnya dari jam 10 pagi hingga menjelang petang. Sekedar informasi Jatim Park II ini buka mulai jam 10.00 WIB - 06.00 WIB. Hari libur tetap buka dan harganya pun lebih mahal dari hari biasa. Pada hari biasa, yaitu senin-kamis, harga normal sebesar Rp70.000. Sedangkan pada hari libur/ hari jumat-minggu, harganya naik menjadi Rp100.000 untuk dua tempat wisata.

Di dalam kompleks Jatim Park II ini terdapat tiga tempat wisata, Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Eco Green Park. Dimulai dari Museum Satwa, museum ini terletak paling timur di kompleks Jatim Park II ini. Museum ini menampilkan diorama hewan-hewan unik dan langkah dari berbagai negara yang sangat mendidik bagi anak-anak dan para siswa. Antara lain spesies burung, mamalia, serangga, ikan dan reptil. Selain itu, museum tersebut juga menampilkan kerangka gajah purbakala, dinosaurus, paus & hewan purbakala lainnya.

Kemudian Batu Secret Zoo, wisata ini terletak tepat di tengah-tengah kompleks Jatim Park II dan berimpitan dengan Pohon Inn. Pohon Inn merupakan hotel mewah di tengah pohon besar yang terpampang jelas di depan kompleks Jatim Park II ini. Kebun binatang ini merupakan kebun binatang modern dengan standar yang terbaik, baik bagi wisatawan maupun binatangnya sendiri. Disini terdapat hewan-hewan langkah dari seluruh dunia dan bahkan hampir punah. Di dalamnya juga disediakan fasilitas rumah makan, musholla, dan kamar mandi. Selain itu, disini juga menawarkan persewaan sepeda kecil yang dapat membantu kita berkeliling di area kebun binatang yang sangat luas ini.

Suasana Batu Secret Zoo

Dari pintu masuk kita sudah disambut dengan berbagai jenis primata langkah dan hampir punah. Primata-primata tersebut jarang kita temui di kebun binatang lain. Wajahnya imut, lucu, dan ada juga yang menyeramkan. Setelah melalui kandang primata, kita disambut dengan hewan-hewan jenis reptil, unggas dan mamalia. Kemudian di depannya terdapat kompleks aquarium. Disana banyak ikan-ikan hias, ikan buntal, belut listrik, ikan pari, ubur-ubur dan ikan-kan laut lainnya. Sejalur kemudian kita disambut dengan suasana lingkungan di Afrika. Mulai dari hewan-hewannya, patung manusianya, rumah khas bahkan alat musik khas Afrika pun ditampilkan disana. Seolah-olah pengelola Jatim Park II ini membawa kita ke Afrika langsung.

Wahana permainan di kompleks Jatim Park II

Di depan kompleks Afrika, kita dapat menjumpai wahana-wahana permainan seru yang cocok bagi para anak-anak, remaja, dan dewasa. Mulai dari permainan yang bersahabat bagi anak-anak sampai yang ekstrim pun semua ada disana. Yang paling ekstrim yaitu Tsunami, pengunjung dibuat berdetak jantungnya ketika melihat orang-orang dijungkirbalikkan badannya hingga 180 derajat di udara. Selain itu terdapat kolam renang anak yang luas dan arena permainan berhadiah yang sangat beragam. Dengan membeli tiket permainan Rp10.000 kita mendapat 5 tiket. Hadiahnya berupa boneka cantik yang lucu-lucu dari yang kecil hingga yang besar.

Setelah mengitari arena permainan yang sangat luas tersebut. Kita disambut dengan sebuah petualangan alam yang seru, namanya River Adventure. Ya, kita akan mengelilingi sungai dengan menggunakan perahu. Yang menarik perhatian pengunjung di sekitaran sungai adalah Patung Kapal Nabi Nuh yang sangat besar beserta patung hewan-hewannya.

Setelah puas mengelilingi sungai, kita diajak untuk menyusuri dunia harimau. Harimau dan pengunjung disini hanya dibatasi dengan kaca bening yang transparan. Sehingga sangat dekat interaksi antara keduanya. Sering kali harimau sedang mengaung di depan wajah pengunjung, seolah-olah ingin menggigit mereka. Dan itulah pertunjukkan terakhir dari perjalanan panjang di Batu Secret Zoo yang sangat memuaskan.

Tinggal satu lagi tempat wisata di kompleks Jatim Park II ini, yaitu Eco Green Park. Wisata ekologi pertama di Jawa Timur yang menawarkan beberapa wahana alam yang indah. Namun untuk memasuki wisata ini, kita sebelumnya harus membeli tiket masuk Rp90.000 untuk hari biasa danRp.120.000 untuk hari libur/ hari jumat-minggu yang merupakan paket dari keseluruhan wisata di kompleks Jatim Park II ini. Mohon maaf penulis tidak sempat memasuki area Eco Green Park ini. Karena waktu penulis tersita saat menemani adik-adik berenang di kolam renang.

Selesailah sudah perjalanan penulis di Jawa Timur II tepat pada pukul 18.00 WIB. Kebetulan tidak jauh dari situ terdapat wisata lain di Kota Batu yang tak kalah menarik, yakni Batu Night Spectacular atau biasa disingkat BNS. Wisata malam yang menyuguhkan keindahan lampion-lampion cantik dan wahana permainan ekstrem yang sangat ramai dikunjungi wisatawan remaja pada umumnya. Wisata ini buka mulai jam 15.00 - 24.00 WIB. Tiket masuk wisata ini cuma Rp20.000, akan tetapi untuk bermain di setiap wahana disini dikenakan tiket lagi. Rata-rata tiket masing-masing wahana sebesar Rp12.000 - Rp20.000.

Sayangnya, jalanan menuju kedua tempat wisata diatas sering terjadi kemacetan. Selain jalannya sempit, jalanan sudah dipenuhi oleh ribuan bahkan jutaan wisatawan yang datang. Sekedar informasi karcis parkir di kedua tempat wisata tersebut seharga Rp5.000 dan tempat parkirnya pun luas dan aman.

Sekian pengalaman dan informasi dari saya. Semoga liburan Anda dan keluarga menjadi sangat menyenangkan dan berkesan.



No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar, walaupun sangat menyakitkan bagi saya. Karena itu akan sangat berharga bagi saya pribadi dan blog ini.