Friday 4 April 2014

Rahasia Booking Tiket Pesawat

Hai sobat Blogger... Pengalaman yang baik itu tidak salah kalau dibagikan kepada orang lain, bukan ? Barang kali orang lain yang akan mengalami dapat meniru atau mempersiapkan segalanya dengan baik. Tulisan ini merupakan pengalaman saya saat memesan tiket pesawat.

Biasanya saya membeli tiket pesawat langsung di loket resmi penjulannya atau di agen penjualan di pinggir-pinggir jalan. Kali ini, karena saya terburu-buru ingin mem-booking tiket yang saya incar dan agen tiket pesawat di daerah saya tutup. Maka secara terpaksa saya harus memesan tiket via situs onlinenya. 


Tepat hari selasa tanggal 1 April 2014, saya ke warnet dan langsung browsing situs resmi penjualan tiket pesawat online tersebut, sebut saja X Air.com. Pertama, saya pilih jadwal penerbangan dan tujuannya. Kedua, saya isi lengkap semua kolom-kolom pemesanan. Termasuk didalamnya terdapat alamat e-mail, yang berguna untuk menerima tiket online pesanan kita setelah kita melakukan pembayaran via ATM/ Internet Banking. Ketiga, sesi pembayaran. Pada halaman pembayaran, dijelaskan rincian-rincian biaya yang harus kita bayar. Kemudian mencentang cara pembayaran yang dipilih dan menerima kode booking yang hanya berlaku selama 1 jam. Nah, pada saat mencentang cara pembayaran itulah, biaya yang sebelumnya hanya Rp580.000 menjadi Rp591.000. Biaya tambahan tersebut merupakan biaya yang dikenakan atas transaksi melalui bank. Keempat, sesi penerimaan tiket online. Tiket online akan dikirimkan ke e-mail yang kita input tadi untuk di-print dan ditunjukkan kepada petugas pada waktu check-in di bandara.


Tetapi karena saya belum tahu cara pembayaran tiket pesawat melalui online, maka saya batalkan tiket yang sudah saya booking sebelumnya itu. Besoknya saya membeli tiket di teman saya sekantor yang kebetulan menjadi agen tiket pesawat. Membeli tiket pesawat di agen itu lebih mudah daripada di situs onlinenya. Tinggal bicara jadwal, tujuan, dan jumlah penumpang, saya sudah diberi tahu harga tiket termurah saat itu. Setelah diproses sebentar, saya hanya ditanya nama dan TTL. Setelah itu saya disuruh bayar/transfer sendiri via ATM. Dan yang paling mengagetkan, harga yang harus saya bayar saat itu cuma Rp564.480. Bandingkan dengan harga normal di situs onlinenya atau bahkan bandingkan dengan harga setelah mencentang cara membayar. Beda jauh kan, padahal tujuan, jadwal, dan jumlah penumpangnya sama !!!

Berikut ini tips untuk memperoleh harga tiket paling murah dengan tujuan, jadwal, dan penumpang yang sama :
1. Cari daftar harga tiket di situs agen tiket terbaik (hanya sebagai referensi saja). Saya sarankan di traveloka.com. Situs penjualan tiket online itu sangat mudah digunakan dan lengkap.
2. Pastikan tujuan dan jadwal benar.
3. Pilih harga termurah, jangan pedulikan maskapainya.
4. Cari agen penjualan tiket terdekat. Jangan sampai beli via online, karena tahu sendiri kan bedanya.
5. Kalau di agen ternyata lebih mahal dari yang online. Cari agen penjualan lain yang lebih murah. Atau langsung ke loket penjualan resmi maskapai tersebut.

Selamat berburu tiket pesawatnya ya ! Jangan lupa komentarnya :)

7 comments:

  1. bukannya membeli tiket pesawat secara online lebih mudah dan murah daripada harus berburu kesana kemari mencari agen yang jual tiket pesawat murah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sih lebih mudah. Tapi, saya rasa tidak semua pembelian tiket pesawat secara online lebih murah. Buktinya masih ada biaya tambahan transaksi. CMIIW

      Delete
  2. Coba ke Qemana.com kak, selain dapat diskon disetiap kelas dan rutenya, ga ada biaya tersembunyi lainnya. Udah gitu ga pake login atau mesti bikin akun2 lagi. Coba deh ciyuuus :)

    ReplyDelete
  3. Buat saya seh klo di online kurang percaya,bisa aja penipuan,lebih baik beli lansung di loket,palig juga beda 50,dripda uang tiket uda di kirim,tiketxa gk dapat,uda gtu ngurus uang yg di transver tuk di kembalikan tibet pula,buat saya seh wajarlah mahal dikit,yg penting ada uang ada barang

    ReplyDelete
  4. Jelas lebih enak beli tiket online , ga ribet dan simpel , harganya pun sedikit lebih murah dari yang lain.

    ReplyDelete
  5. Yups bener gan , sepertinya di situs lokal lebih enak ordernya :)

    ReplyDelete
  6. Biasanya penambahan tersebut hanya untuk biaya admin, karena kemungkinan mereka bukan agen2 yang mempunyai link langsung ke maskapai CMIIW.

    Untuk perbandingan bisa juga di coba agen tiket pesawat murah jogja di sana langsung bisa pesan dan cari atau berburu tiket murah tanpa mark up harga

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar, walaupun sangat menyakitkan bagi saya. Karena itu akan sangat berharga bagi saya pribadi dan blog ini.