Thursday 27 February 2014

Cara Saya Mengatasi ATM BRI yang Terblokir

Assalamu'alaikum...
Teman-teman blogger yang masih setia ...

Saya mau berbagi pengalaman pribadi mengenai PIN ATM BRI saya yang terblokir.

Awal mulanya saya ingin transfer uang ke rekening BRI yang lain. Pergilah saya ke ATM terdekat. Pas di depan mesin ATM, dengan PD (percaya diri) nya saya masukkan kartu dan PIN ATM BRI saya. Memang tidak ada yang aneh pada awalnya. Tapi setelah proses transfer hampir selesai, eh... saya baru diberi tahu kalo PIN yang saya masukkan itu salah. Perasaan saya pun berubah dari yang tadinya PD, sekarang menjadi gugup.



Di mesin ATM tersebut muncul tulisan "Silahkan masukkan PIN anda". Saya masukkan PIN yg sama berulang kali dan muncul pesan yg sama. Setelah memasukkan PIN yang kedua kalinya. Pesan yang keluar dari mesin ATM ganti, "Maaf Anda telah melampaui batas memasukkan PIN". Kemudian kartu ATM keluar dari mesin ATM. Semakin guguplah perasaan saya. "Wah ada apa ini dengan kartu ATM saya, padahal ini kartu-kartu saya, ini rekening-rekening saya, uang-uang saya. Kok pakai acara ditolak segala !!! " kesal saya.

Kucoba masukkan sekali lagi kartu ATM saya. Awal mulanya normal dan saya kira sudah dapat digunakan seperti biasa. Eh... pada akhirnya sama, ditolak juga. Saya mencoba berpikir apa kesalahan saya. "Apa mungkin saya pernah ganti PIN, trus lupa ?" "Wah, mungkin memang pernah ganti PIN" gemuruh di pikiran saya saat itu. Trus ku ingat-ingat berapa nomor PIN ku yang baru.

Dan besoknya, baru aku coba lagi ke mesin ATM yang sama dengan PIN yang baru saya ingat tentunya. Kucoba memasukkan kartu ke mesin, trus diproses oleh mesin ATM seperti biasa. Jreng... jreng .... hasilnya tetap ditolak juga. Kemudian aku coba berpikir lagi, "Mungkin di ATM yang lain tidak ditolak kali !".

Keesokan harinya saya pergi ke mesin ATM Mandiri di tempat lain. "Bismillah.... kalau memang disini ditolak juga saya harus kemana lagi ini ... ?" gumamku dalam hati. Saya coba memasukkan kartu ke mesin, trus diproses oleh mesin ATM seperti biasa. Dan..... GAGAL, kartu ATM saya masih ditolak oleh mesin.
"Wah... hilang deh uang saya di tabungan", pikir saya.

Sesaat kemudian saya tanya-tanya ke teman-teman kerja sekantor. Salah satunya bernama AAI (samaran), dia lah yang memberitahu saya cara mengatasi kartu ATM yang diblokir itu. Saya disuruh datang langsung ke bank tempat saya mendaftarkan rekening. "Datang langsung aja ke bank tempat kamu mendaftar. Kalau posisimu sekarang di luar pulau, datang lah ke kantor wilayah BRI terdekat di kotamu sekarang", tuahnya. Setelah saya tanya-tanya ternyata dia juga mengalami hal yang sama dengan saya. Malahan dia saat itu posisinya di luar pulau, dia bahkan harus rela jauh jauh ke pusat kota untuk mengatasi kartu ATM nya yang diblokir.

Gggreng-grennng.... mesin motor kuhidupkan. Saya siap untuk pergi ke bank BRI tempat saya mendaftar, tempatnya agak jauh dengan tempat kerjaku. Sampai disana saya disambut satpam BRI dengan ramah. Saya bilang saya ingin konsultasi ke CS (Costumer Service). Trus saya diberi nomor antrian dan disuruh duduk di kursi tunggu.

Mulailah saya ngobrol dengan beliau.

Satpam : Ada keperluan apa pak ?
Saya    : Ini pak mau konsultasi, kenapa kartu ATM saya kok tidak bisa dipakai di mesin ATM manapun, padahal sudah berhari-hari lho pak.
Satpam : Oh... kena blokir ya ?
Saya    : Iya pak. memang solusi satu-satunya harus ke bank BRI dulu ya ? (Sebenarnya saya tidak tahu istilah kartu ATM diblokir, baru dengar saat ini)
Satpam : iya, nanti baru bisa dibuka blokirnya oleh pegawai bank.
Saya     : Ow... Trus sampai jam berapa bank ini bukanya, pak ? (mengalihkan pembicaraan)
Satpam : kalau berurusan dengan administrasi dan tidak berkaitan dengan kas (uang). Bank buka sampai pukul 4 sore. Tapi kalau berhubungan dengan kas, bank buka hanya sampai pukul 3 sore. Misalnya untuk mencetak transaksi, konsultasi atau membuka blokir kayak mas ini buka sampai jam 4 sore.

Berhentilah percakapan kami berdua. Saya masih menunggu giliran saya dilayani hanya dengan diam, sambil sesekali melihat HP.

Rona, nama CS cantik dan berkerudung yang melayaniku.
Rona : Seratus Lima Puluh Tiga. (beliau memanggil saya sambil mengangkat tangan kanan).
Majulah saya.
Rona : Selamat siang... perkenalkan nama saya Rona, saya berbicara dengan bapak siapa ini ?.
Saya : Hamid
Rona : Ada yang bisa saya bantu, pak ?
Saya : Gini, sepertinya kartu ATM saya terblokir. Saya bermaksud membukanya disini.
Rona : Sudah berapa kali Bapak salah memasukkan PIN ?
Saya : Ehm... Tiga kali.
Rona : Kami dapat membuka blokirnya, tapi dengan biaya Rp5000. Mau ?
Saya : Ya, mau. (sambil mengangguk, dalam hati sebenarnya menolak, tapi yang penting ATM saya sudah tidak terblokir)
Rona : Bawa KTP, buku tabungan sama kartu ATM ?
Kemudian saya keluarkan KTP, buku tabungan sama kartu ATM saya. Dan saya berikan ke beliau.
Rona : Tolong saya dibantu, nama ibu kandung siapa ? (Sambil mengotak atik komputer di depannya)
Saya : SK (nama samaran)
Rona : Sambil menunggu proses, silahkan bapak isi formulir untuk pembukaan blokir. (Beliau menyodorkan formulir dan bolpoin)
Saya isi lengkap formulir tersebut.  Kemudian saya serahkan kembali ke beliau.
Rona : KTP nya bisa disimpan. (beliau menyodorkan KTP di depan saya) Buku tabungannya masih belum pernah dicetakkan ya ?
Saya : Iya mbak, tidak sempat. Tempat kerja saya agak jauh dari kantor cabang BRI terdekat.
Rona : Oh jadi selama ini, transaksi lewat ATM terus ya.
Saya : Ya.
Beliau kemudian mencetak mutasi rekening saya dalam buku tabungan. Setelah beberapa menit kemudian.
Rona : Bisa saya terima uangnya.
Saya : Ini Mbak. (Saya kasihkan uang Rp.10.000)
Rona : Uangnya saya terima. Ini kembaliannya, buku tabungan dan kartu ATMnya.
Saya : Jadi kartu ATM saya sudah normal kembali ini, Mbak ?
Rona : Iya, silahkan dicoba untuk transaksi atau mengecek saldo di mesin ATM sebelah. Ada yang bisa saya bantu lagi ?
Saya : Tidak Mbak. Terima kasih. (Buru-buru mau ngecek kartu ATM)

Sekian pengalaman pertama saya tentang kartu ATM yang terblokir. Semoga teman-teman blogger yang setia dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari pengalaman saya ini. Dimohon bagi yang memiliki akun g+, jangan lupa klik tombol g+1 di bawah, supaya yang lain bisa membaca dan mengambil pelajaran dari cerita saya ini.

Penting !!!
Jika teman-teman meninggalkan pertanyaan / saran yang perlu untuk ditanggapi. Silahkan bookmark halaman ini, maksimal seminggu pertanyaan / saran teman-teman akan saya jawab. Oh iya, setiap komentar yang teman-teman masukkan di kolom komentar, tidak bisa langsung ditampilkan. Karena harus saya sortir dulu, mana yang pantas untuk ditampilkan.

280 comments:

  1. sorry sebelumnya pengalamannnya persis seperti saya, setelah itu kan CS nya membantu saya untuk mengganti pin atm setelah telah diaktifkan apakah kita pakai pin atm yg terbaru saat pertama kali memasukan atm card ke machine apa masih menggunakan pin lama ?
    terus

    ReplyDelete
  2. Pakai PIN ATM yang baru, kan yang lama sudah diganti.

    ReplyDelete
  3. saldo tabungan terpotong ga karena transfer yg gagal gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saldo tabungan tetep aman, Gan. Kita dianggap belum melakukan transfer sama sekali.

      Delete
  4. Kalo bang asalnya di luar pulau gmana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang aja ke kantor wilayah BRI terdekat di kota Anda berada sekarang. Jangan lupa bawa kelengkapannya, termasuk KTP dan mungkin juga Surat Keterangan Domisili.

      Delete
  5. Prosesnya di bank cepet kan kak? Trus pada hari yg sama, bisa langsung mlakukan transaksi nggak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan cepet, yang lama itu kalau antri.
      Bisa...

      Delete
  6. klo pin yg baru masih blom inget gimana??
    kan kartu sudah tdk di blokir??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... Kok bisa lupa gitu, Gan ? Saya sendiri nggak tau bagaimana solusinya, belum pernah mengalami yang seperti itu. Coba saja tanyakan ke Costumer Service-nya.

      Trus, jangan lupa share pengalamannya ke sini. Saya tunggu..... OK

      Delete
  7. klo misalnya pin yg baru masih lupa gimana??

    ReplyDelete
  8. Kira2 kejadian itu berlangsung berapa hari ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan lama. Kalo g salah, sekitar 3 hari. Karena, saya fikir itu hanya masalah waktu dan karena baru pertama kali mengalaminya.

      Delete
  9. kalau perbaiki nya di bank pusat bisa.?
    soal nya kampung saya jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya g tau pastinya. Mungkin saja bisa, database-nya kan biasa di pusat. Tapi apa salahnya kalau dicoba kemudian diceritakan disini.

      Delete
  10. waah, ini persis yg baru saya alami..

    pas mau ke Bank, lupa ini hr libur :(

    visit: http://learnmine.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... Ini juga yang paling penting. "Ingat hari libur Bank"
      Terima kasih telah meramaikan blog ini.

      Delete
  11. Aduuh ini sama banget. barusan ngalamin kayak gini. tapi sebenernya ini belum salah pin 3 kali loh.. dari yg pertama udah ditolak kan?
    kalo misal nggak bawa buku tabungan bisa nggak? buku tabunganku nun jauh di sana ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, dari kesempatan yg pertama sudah ditolak. Kalo belum sampai ke 3 kalinya, mending diingat2 dulu. Masih bisa itu.
      Bisa tidaknya tanyakan langsung kepada CSnya ya ! Kayaknya g bisa.

      Delete
    2. CARA UBAH KARTU PIN:

      · Datang ke Mesin ATM BRI
      · Masukkan kartu ATM
      · Masukkan PIN Pertama
      · Pilih transaksi Lain
      · Pilih ubah PIN
      · Masukkan Pin baru
      · Masukkan Lagi pin baru
      · Ubah Pin Sukses dan struk keluar

      Delete
    3. CARA UBAH KARTU PIN:

      · Datang ke Mesin ATM BRI
      · Masukkan kartu ATM
      · Masukkan PIN Pertama
      · Pilih transaksi Lain
      · Pilih ubah PIN
      · Masukkan Pin baru
      · Masukkan Lagi pin baru
      · Ubah Pin Sukses dan struk keluar

      Delete
  12. Replies
    1. Sebaiknya diambil dulu buku tabungannya. Baru melapor ke bank.

      Delete
  13. heehe sama kya saya gan...
    oh ya kra2 kalo hari sabtu bank bri buka gak ya?

    ReplyDelete
  14. kak ini sama kaya yang aku alami . tapi ini atm pake ktp bpk ku gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya tangkap dari pertanyaan Anda, ATM itu berarti atas nama bapak Anda juga, bukan ?
      Kalau memang benar, kemungkinan Anda akan dimintai foto kopi KK (Kartu Keluarga) dan Surat Kuasa untuk mempertegas status Anda sebagai anak/kuasa. Atau lebih baik bapak Anda saja yang mengurus sendiri ke Bank.

      Delete
  15. Thanks mid...
    Sekarang ini aq lg galau ,atm KU terblokir...
    Mudah mudahan besok lancar lancar aj...

    ReplyDelete
  16. gan kalo buku tabungannya gak ada bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, agak lama menunggu. Wah, komplit sekali masalah Anda.
      Namun, saya sendiri belum pernah mengalami hal yang seperti itu. Coba konsultasi langsung ke kantor BRI terdekat. Yang pasti, akan ada tambahan biaya penggantian buku tabungan yang hilang tersebut.

      Delete
    2. Klo sya krtu atm nya yng gk di bwa.kira2 bisa gk ya

      Delete
  17. lo misal ngurus atm yang keblokir tapi diwakilkan bisa ga,masalah nya yang punya atm krja di laut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam semua hal, kalau diwakilkan / dikuasakan biasa dibutuhkan surat kuasa. Persiapkan saja Surat kuasa bermaterai 6000.

      Delete
  18. Dan hal itu terjadi sama aku hari ini :'(
    niatnya nitip di ambili uang ke kakak,
    salah pin dia gak ngomong.
    Pas telpon aku ATM.ku udah ke blokir..
    Yaudah besok sowan ke BRI.
    Makasih Ceritanya di atas :))

    ReplyDelete
  19. Mksih info'y,,,atm ane jg kna blokir, hri senin lngsung mluncur k bank....

    ReplyDelete
  20. Haduh.... pengalaman anda menimpa saya juga hari ini min .... :)

    ReplyDelete
  21. mas saya atm adek saya ke blokir tapi dia lagi di luat kota atmnya ada sama saya dia minta tolong bukain blokir nya gimana ya caranya mas kalo yang ke cs bank nya bukan yang ber sangkutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengingat bahwa PIN ATM itu bersifat privasi, mungkin tidak bisa diwakilkan. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda konsultasikan langsung ke CS nya. CMIIW

      Delete
  22. Gan, kalau ATM lain msalnya BCA,, apakah sama?

    ReplyDelete
  23. pengalaman yang menarik, saya belum pernah mengalaminya, hihi :)

    ReplyDelete
  24. Ini yang ku alami skrang

    ReplyDelete
  25. hadeh atm ku di blokir gara gara temen salah masukin pin nya ..

    ReplyDelete
  26. hadeh atm ku kena blokir gara gara salah masukin pi 3x

    ReplyDelete
  27. hadeh ATM ku juga kena blok ,

    ReplyDelete
  28. Gan kalau kalau ke blokirnya lebih dari 1 bulan masih kira2 masih bisa apa nggak ya?

    ReplyDelete
  29. Gan kalau keblokirnya lebih dari 1 Miinggu kira2 masih bisa gak ya?

    ReplyDelete
  30. Gan kalau keblokirnya lebih dari 1 Minggu kira2 masih bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah masih bisa. Pemblokiran ATM itu kan tujuannya untuk menghindarikan dari penyalahgunaan oleh orang lain yang tidak kita inginkan . Saya kira tidak ada batas waktu tentang itu.

      Delete
  31. gan ,.. kalau mau ubah pin atm tapi gak ada buku tabungannya gimana gan,.. boleh gak?
    cz, ini tabungan ibu saya, tapi kartu atm'y ada disaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma ubah PIN ATM g perlu buku tabungan juga bisa, lewat mesin ATM.
      Tapi kalau maksud Anda untuk membuka blokir PIN ATM, sebaiknya buku tabungannya diambil dulu sebelum ke CS bank.

      Delete
  32. Gan saya kemaren baru buat krtu tabungan..terus pas mau di bantu buat PIN pertama sama CSnya. Pada saat itu BRI lagi trowble..terus di suruh buat sendiri. Jadi pertanyaanya gimana nih cara buat pin pertama pada atm BRI

    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan Anda ini agak melenceng dari topik. Saya juga tidak mengerti untuk kasus yang seperti itu. Sebaiknya, Anda kembali lagi ke Bank tersebut. Toh, tidak seterusnya BRI mengalami trouble.

      Delete
  33. maksud dari tipe atm salah itu ?
    dan bagaimna cara mengatasinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca dulu cerita dan komentar-komentarnya di atas ! Terima kasih

      Delete
  34. maksud dari tipe atm salah itu ?
    dan bagaimna cara mengatasinya ?

    ReplyDelete
  35. hai smua,,,apa ada pemblokiran klo gk ada kgiatan dlm skian bulan,,magsudku baik mnabung ato pnarikan uang?..aku ora mudeng.....

    ReplyDelete
  36. Gan. Mau nanya kalau salah masukin pin 1x , atmnya bisa keluar sendiri gak ya ? Atau harusmenunggu sampai 3 x baru keluar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pengalaman yang saya alami, setelah salah input 1x, kartu ATM tidak langsung keluar. Baru setelah saya tekan Cancel, kartu ATM bisa keluar. Artinya tidak perlu menunggu sampai 3 kali.

      Delete
  37. ehh ,,kalau buku tabunganya ada ...kartu atmnya juga ada ...ktp juga ada /// tapi di wakili bisa gak ke bank nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak bisa, karena PIN nya sendiri bersifat rahasia.

      Delete
    2. Maaf gan kalau misalnya yg d wakili tahu pinnya bisa gak--

      Delete
  38. Gan, kalo seumpama atm dan ktp ada tapi buku tabungan di rumah
    Sedangkan rumah jauh dari tmpat saya sekarang
    Itu bisa gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep tidak bisa kayaknya, Gan. Coba sendiri aja, dulu.

      Delete
  39. Gan kalo seumpama atm dan ktp ada tapi buku tabungan di rumah
    Sedangkan posisi sekarang jauh banget dari rumah, itu gmna gan
    Mohon masukannya

    ReplyDelete
  40. Kalau atm terblokir buku tabunganya masih bisa dipakai gag??
    atau ikut terblokir juga.. hehhee
    sorry nanyanya gini, soalnya masih awam. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik bertanya daripada nanti sesat di jalan :)
      ATM terblokir itu hanya kartu ATM Anda yang terblokir, sehingga tidak bisa bertransaksi melalui mesin ATM. Tetapi rekening yang tersimpan di buku tabungan tidak terblokir dan tetap aman.

      Delete
  41. Maaf gan kebetulan atm saya diblokir dan posisi saya d luar negeri gimana cara menggantinya ya?
    Pertanyaan saya apakah bisa d wakilkan ?
    Tolong gan penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, saya sendiri kurang tau. Sekedar info, saya bukan pegawai BRI. Yang saya share disini cuma pengalaman pribadi.
      Saran saya, coba hubungi CS BRI nya langsung. Jangan lupa di-share juga disini..

      Delete
  42. Misi gan, kalau pas ngurus atm BRI yang keblokir nanti buku tabungan kita ada yang dicetak apa nggak ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Gan, transaksi keuangan yg belum tercetak akan dicetak sekaligus sama CS nya langsung.

      Delete
  43. Bang Abdul..
    barusan (February 21, 09:28pm waktu setempat) Saya telah mengalami kejadian na'as (kartu ATM terblokir) ini. Saya Cari di Google, nemu blog ini. pertanyaan:
    Paman Saya mentransfer uang ke rekening Saya, bisa masuk gak uangnya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa bisa, Bung A. Coba Anda cek langsung ke teller.
      Menurut saya, kasus ATM terblokir ini merupakan suatu pengaman bagi rekening kita dari pihak-pihak yang tidak diinginkan.

      Delete
  44. kala di kantor cabang yang bukan tempat kita membuat rekening bisa ga gan,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum dapat dipastikan. Soalnya saya sendiri belum pernah coba dan belum ada teman2 lain yang berbagi pengalamannya tentang itu.

      Delete
  45. masa sih bang dengan tarif 5000 perak kita bisa buka atm kita yg sudah terblokir itu???
    kta teman2 saya itu dana untuk membuka atm yg sudah terblokir sekitar 500 rb....
    apa benar bang....
    mohon dibantu yah bang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow... Rp500.000 !!! Itu lebih tidak masuk akal.
      Cerita saya ini asli kok dari pengalaman saya.

      Delete
  46. Kk sya pas masukin atm bri trus masukin fin ya. Ko ke luar tulisan rekening salah?..itu ke napa ya.. Mohon di blz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekening salah ? Mungkin salah masukin PIN kali . . .
      Saya juga baru tahu klo ada notifikasi seperti itu

      Delete
  47. wah sama,tadi barusan aku juga ke blokir mudah mudahan besok ngurus di bank BRI nya lancar

    ReplyDelete
  48. Kejadiannya sama yg saya alami hari ini tp bedanya salah masukin pin lebih dari 3x . Apakah uangnya akan hilanh padahal saya hanya mau ngecek saldo doang? Dan kalo ngurus atm keblokir 2hari setelah atm keblokir, apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman kok. Saya kemarin juga 2 hari setelahnya.

      Delete
  49. Bang, apakah atm yg terblokir juga perlu dibawa? Soalnya buku rekening atas nama bapak, hanya atm ada sama sy yg kebetulan lg sekolah di luar kota, jauh dr orgtua. Apa bisa hanya dtg bawa buku rek dan ktp saja?

    ReplyDelete
  50. Bang, apakah kartu atm nya harus di bawa serta ke bank utk membuka blokir? Soalnya buku rek atas nama bapak dan ada sama bapak, sedangkan atm ada sama sy kebetulan lg di luar kota beda dgn orgtua. Apakah bisa buku rek dan ktp saja yg di bawa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketiga syarat tsb penting kayaknya dan harus dibawa.

      Delete
  51. oh ia bang Abdul kalo boleh nanya,,,
    kalo misalnya ATM udah masuk,,tpi giliran kita cek saldo balesa'anya silahkan masukan pin lg
    itu kenapa ya,,,tolong bls
    #terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti PIN yg Anda masukkan sebelumnya salah.

      Delete
  52. oh ia bang Abdul kalo boleh nanya,,,
    kalo misalnya ATM udah masuk,,tpi giliran kita cek saldo balesa'anya silahkan masukan pin lg
    itu kenapa ya,,,tolong bls
    #terimakasih

    ReplyDelete
  53. Pusing atm keblokiiiiirrrrr. Pdhal mo cek saldo doank aja jd ribet

    ReplyDelete
  54. Replies
    1. Coba tanyakan ke bank tempat Anda terdaftar atau Call Centernya.

      Delete
  55. Maaf tanya kalo di layar atm muncul kata ini gmn ?
    KARTU ANDA TIDAK DAPAT DI PROSES,SILAHKAN HUBUNGI BANK ANDA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum mengalami kasus sperti itu. Sebelumnya pastikan mesin ATM yg Anda gunakan adlah ATM BRI atau ATM Bersama

      Delete
    2. Kalo saya tadi pas masukin kartu atm langsung diminta utk mengubah pin anda secara berkala. Saya ubah lah. Tapi ketika transaksi pin salah trus pdhal saya sudah inpit dgn benar. Sampe akhirnya anda melebihi batas kesalahan PIN. Apa itu di blokir ??? Kalau di blokir tdk berpengaruh pada uang tabungan kita kan ??? :')

      Delete
  56. Kalo saya tadi pas masukin kartu atm langsung diminta utk mengubah pin anda secara berkala. Saya ubah lah. Tapi ketika transaksi pin salah trus pdhal saya sudah inpit dgn benar. Sampe akhirnya anda melebihi batas kesalahan PIN. Apa itu di blokir ??? Kalau di blokir tdk berpengaruh pada uang tabungan kita kan ??? :')

    ReplyDelete
  57. Bank bri yang dituju sesuai KTP ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, tepatnya di Bank tempat pendaftaran rekeningnya.

      Delete
  58. Harus sesuai KTP Ўªãª bank Ÿάπĝ dituju?

    ReplyDelete
  59. tadi input 2x..trus kalo bsok pagi salah 1x input gimana gan?
    lgsung teblokir ato ada 3x kesempatan lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya saya belum pernah mengalaminya. Mungkin masih bisa 3 kali lagi.

      Delete
  60. 1 Mesin membaca 3x kesalahan secara beruntun --> Blocked

    ReplyDelete
  61. Pinya ane klo chek saldo kog gk bisa mlh tulisan y melampui batas . ... Vara y go mna gn .

    ReplyDelete
  62. Datang aja ke Bank BRI terdekat, konsultasikan ke CS. Sebelumnya baca dulu pengalaman saya di atas.

    ReplyDelete
  63. Baru tadi Buka eh lupa Pin pertamanya azzz jadi di coba masuk tapi telah melampui batas mungkin di blokir nih atm saya cari cari di google ketemu blog ini saya baca dari artikel sampai Komentnya ... jadi harus konsultasi sama si CS Cantiknya ... Semoga Besok Di lancarkan ... AMIN ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie, yg kemarin ketemu CS cantik. Salam ya Gan

      Delete
  64. Mas jika kartu atm saya ke blokir dan buku tanungan saya hilang dan saya berada di luar pulau tempat saya bikin buku tabungan itu. Gimana ya caranya mengembalikan kartu atm saya yg ke blokir dan buku tabungan saya yg hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang saja langsung ke Bank tempat Anda mendaftar. Setahu saya, itu satu-satunya cara mencetak buku tabungan yg hilang.

      Delete
  65. kalo ngatasi lupa passwordnya gimana sob,, atm BRI saya udah dua kali salah password, cara mengetahui passwordnya gimana,,

    informasi kesehatan : info-sehat09.blogspot.com

    ReplyDelete
  66. pengalaman ente sama persis dengan yang ane alami sekarang,,
    sudah 4 hari ane galau berat akibat atm ane kena blokir.
    ane coba share di internet tentang masalah ini dan akhirnya nyasar ke blog ente.
    Alhamdulillah ane dapat solusinya disini.
    Thank's yah gan infonya, ane mau caba seperti yang ente lakukan :)

    Sukses terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, gan. Terima kasih sudah mampir. Semoga sukses

      Delete
  67. Gan ituharus di tempat awal membuka rekening mengaktifkan blokirannya?mhn pencerahannya,soalnya ane dri luar pulau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tlong dibaca kembali artikel di atas, terima kasih

      Delete
  68. haahaha... enak baca artikel nya mas.. padahal lagi kesal karena atm saya di blokir.. tapi jadi terhibur disini dan sangat membantu...
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga berhasil. Btw, ini bukan cerita lucu mas. :D

      Delete
  69. gan kalau buku atm ga ada,masih bisa ga di perbaiki gan...
    no rekening aku hafal kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku g bisa, karena terkait stiker khusus yang dapat discan pada buku tabungan kita. Tapi, coba aja deh langsung ke Costumer Service BRI nya

      Delete
  70. Wah, kalau sampai 5x salah gimana gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja. Kartu ATM Anda sudah terblokir berarti.

      Delete
  71. Permisi pak numpang nanya,atm BRI saya keblokir,sedangkan buku tabungan saya ada di kalimantan sdngkan saya skrg posisi di surabaya,jadi bagaimana solusinya pak?mohon bantuannya,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja dulu ke CS BRI. Klo memang harus membawa buku tabungan, saran saya dikirim aja buku tabungannya ke Surabaya.

      Delete
    2. Kalo mobile banking yg diblokir karena salah pin apakah atm ny jg ikut ke blokir??

      Delete
    3. Kalo mobile banking yg diblokir krn salah pin apkh atm jg ikut ke blokir??

      Delete
    4. Klo menurut saya, mungkin cuma mobile banking Anda yang terblokir. Sedangkan, kartu ATM (transaksi via mesin ATM) tidak terblokir karena sistem keamanan pada dua cara tersebut berbeda.

      Delete
  72. Kalo mobile banking yg ke blokir krn salah pin apakah atm nya jg ikut diblokir??

    ReplyDelete
  73. bang kenapa ya ko pas saya masukin kartu atm saya eh tiba" keluar lagi kartu nya, tebelum keluar ada bacaan bhs inggris tp saya gak keburu baca.. kenapa ya bang apakah itu slah satu tanda kalo kartu atm saya keblokir ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartunya terbalik mungkin. Coba lagi deh dg posisi yg benar.

      Delete
  74. Kartu atm bs diblokir org yg ga dikenal kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa instansi pemerintah / pihak bank yg berwenang memblokir rekening. Itu pun ada prosedurnya. Tapi klo yg ilegal, bisa jadi jika kartu ATMnya pernah dipindahtangankan ke orang lain.

      Delete
  75. hri ni gw apes bgt,atm bri terblokir d mesin atm bca krna slah masukin pin,dah gtu atmny ga kluar lgi alias ketelan tu d mesin,gmna dg solusiny ni?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut berduka sebelumnya, coba tekan tombol cancel di Mesin ATMnya. Klo masih g bisa segera hubungi CS Banknya Gan.

      Delete
  76. gimana kalau kejadian keblokirnya udah hampir mau 1 minggu lebih,,apa masih bisa di terima sama CS gak,,?

    ReplyDelete
  77. gimana kalau kejadiannya udah mau 1 minggu lebih,,apa masih bisa d perbaiki gak ya,,???

    ReplyDelete
  78. Saya punya atm BRI tapi sudah hampir 3bulan saya tidak cek2 apakah atm saya masih bisa di gunakan.

    ReplyDelete
  79. Saya punya atm BRI tapi sudah hampir 3bulah saya tidak cek2 apakah atm saya masih bisa di gunakan om di dalam atm nya pun ada isi nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di cek aja dulu di CS BRI nya. Sbg perbandingan saja. Sya pernah dulu mempunyai Kartu ATM Mandiri, kira2 5 bulanan tidak pernah saya gunakan transaksi bahkan sekedar cek. Dalam ketentuannya, rekening saya tersebut termasuk rekening pasif. Setelah sekian lama pasif, saya cek dan saya gunakan transaksi semuanya masih bisa. Mungkin demikian juga terhadap rekening BRI. Semoga membantu.

      Delete
  80. kalo gabawa buku tabungan apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya g bisa. Silahkan ditanyakan langsung ke CS nya.

      Delete
  81. Surat2 yg dibawa kaya apa aja ya bang?

    ReplyDelete
  82. kalau atm yang saya pegang punya mama saya, mama saya diluar kota bagaimana??

    ReplyDelete
  83. kalau atm yang saya pegang punya mama saya, tapi mama saya diluar kota??

    ReplyDelete
  84. broo ... kasus ini sama kyak hari ini yg ku alami....ATM keblock ..karna salah masukan pin ...kira2 uang sudah ditransferkan ke kita itu gimn ? hanguskah...trus seumpanya nih kalo sementara pending itu pengiriman ..trus atm kita sudah terlanjur keblock gimn (niatnya mau ngecek masuk apa kagak itu transferan) ehh malah salah pin... gimn itu ..monggo dijelaskan...saya panik ini apakah hangus itu transferan ato gagal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pastikan semua transaksi yg berkaitan dg rekening Anda aman. Karena yg terblokir dlm hal ini kartu ATM nya saja. Bukan nomor rekeningnya. Anda sekarang tdk bisa bertransaksi apapun melalui ATM. Tpi masih bisa melalui teller langsung, eBanking, smsBangking, dll. Ingat yg terblokir ATM saja bukan nomor rekening.

      Delete
  85. Mas. Saya tadi mau transfer format udah benar setelah nunggu skitar stengah menit ada pemberi tahuan dr mesib ATM suruh ganti pin. Tp setelah saya ganti pin yg baru saya transfer lagi ke Rekening tujuan tadi tp kok tetep suruh ganti Pin terus sampai 4 kali saya coba
    Gimana tuh..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru denger yang seperti ini. Mungkin blogger lain bisa membantu ?

      Delete
  86. atm saya juga kena blokir nih gan,, padahal baru pertama kali transaksi di atm,, eh langsung ketemu masalah ginian, mana masih awam bangat dengan bank. terpaksa deh, besok saya coba ke bri nya . mudah mudahan lancar..

    thanks u/ info nya gan.

    ReplyDelete
  87. gan kalonya saat kita mau lihat saldo tapi tulisannya transaksi gagal itu apa terbelokir juga ya atm saya padah tuh atm baru dibuat kemarin

    ReplyDelete
  88. Wah kasus nya sama -_-

    Tp masalahnya itu bukan rekening sendiri. Tapi punya Ortu -_-

    ReplyDelete
  89. Mau nanya gan..apakah pin atm bri itu punya kadaluarsa kah...mohon jawabanya

    ReplyDelete
  90. Mau nanya gan..apakah pin atm itu punya kadaluarsa.mohon dijawab

    ReplyDelete
  91. Mau nanya gan..apkah pin atm itu punya kadaluwarsa kah...mohon dijawab..

    ReplyDelete
  92. nomer rekeningnya ganti nggak mas ?

    ReplyDelete
  93. Assalamualaikum, gan, membantu skali share pengalamannya, tadi siang atm saya ke blokir gegara lupa pin nya, karena kmarin sya ganti, lupa tidak saya catet. Apa kalo ngurus di bank, ditanya mengenai pin terakhir gan? Mhon dibls gan.. besok saya mau ke bank soalnya.. makasih

    ReplyDelete
  94. Assalamualaikum, gan, membantu skali share pengalamannya, tadi siang atm saya ke blokir gegara lupa pin nya, karena kmarin sya ganti, lupa tidak saya catet. Apa kalo ngurus di bank, ditanya mengenai pin terakhir gan? Mhon dibls gan.. besok saya mau ke bank soalnya.. makasih

    ReplyDelete
  95. Clo pin atm keblokir trs buku tab hilang gmn bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urus cetak ulang buku tabungannya dulu Bos, baru urus PIN ATMnya.

      Delete
  96. Wah sama mas baru aja kartu atm saya keblokir, gara gara saya masukin pinnya cuma 4 angka yang ternyata adalah password hp saya haha sampai rumah pengen ketawa dari pada sebel (sebel juga sih). Tp untuk perbaikannya, apa bisa 1 minggu atau lebih setelah kartu terblokir ? Karna hari ini hari sabtu, dan minggu depan saya pagi sampai sore full, jadi wallahualam bisa ke bank nih mas.

    ReplyDelete
  97. Wah sama mas baru aja kartu atm saya keblokir, gara gara saya masukin pinnya cuma 4 angka yang ternyata adalah password hp saya haha sampai rumah pengen ketawa dari pada sebel (sebel juga sih). Tp untuk perbaikannya, apa bisa 1 minggu atau lebih setelah kartu terblokir ? Karna hari ini hari sabtu, dan minggu depan saya pagi sampai sore full, jadi wallahualam bisa ke bank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ikut ketawa aja .... Wkwkwk
      Kapan saja bisa, tapi ingat hari liburnya mereka sabtu dan minggu.

      Delete
  98. bapaksaya ngirim uang ke saya kata bapak saya sudah dikirm tapi saya lihat info rekening sald saya tetap.... itu gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek rekening bapaknya, saldo berkurang tidak ?

      Delete
  99. saya di kirm uang dari bapa saya kata bapa saya sudah masuk tapi saldo saya belm berubah itu knp ya

    ReplyDelete
  100. Misi gan , ane waktu ituh belum punya ktp nieh , tpi ngajuin surat kerja dri perusahaan buat bikin atm, jdi alhasil masih pake kartu pelajar , dan akhirnya berhasil , nie gan saya sekarang sudah mempunyai ktp, lalu bagaimana untuk menyelesaikan administrasinya ??

    ReplyDelete
  101. Ea hri ini rabu 03/11/2015 saya bru tau biaya buka trblokir ATM 5000.....stlah buka blok ini....trma ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an belum naik, mengingat harga barang dan jasa sdh pada naik drpd 2 tahun lalu.

      Delete
  102. ane baru aja ngalamin keblokir gan ,utung masih sempet transfer uang nya ,mau cek saldo stelah berkali "maaf anda telah melampaui batas memasukan pin" ,padahal pas transfer bner password ane ,mngkin krn ane buru" kali, hadeh tepok jidat deh...

    ReplyDelete
  103. ane baru aja ngalamin keblokir gan ,utung masih sempet transfer uang nya ,mau cek saldo stelah berkali "maaf anda telah melampaui batas memasukan pin" ,padahal pas transfer bner password ane ,mngkin krn ane buru" kali, hadeh tepok jidat deh...

    ReplyDelete
  104. modus bank masa sudah bener yakin masukin pin karena pin saya baca catatan tulisan masih di annggap salah modus supaya buka blokiran kena rp 5000 kali berapa jumlah nasabah,,untung besar tuh bank.perlu di pertanyakan tuh bank lain gk begitu...klo atm rusak jawaban rusak atau offlene kalau di bri salah pin terus jawabannya sampai di blokir

    ReplyDelete
  105. modus bank masa sudah bener yakin masukin pin karena pin saya baca catatan tulisan masih di annggap salah modus supaya buka blokiran kena rp 5000 kali berapa jumlah nasabah,,untung besar tuh bank.perlu di pertanyakan tuh bank lain gk begitu...klo atm rusak jawaban rusak atau offlene kalau di bri salah pin terus jawabannya sampai di blokir

    ReplyDelete
  106. gan kalo cek saldo tidak bisa itu kenapa ya ? pas saya cek saldo kartu atm saya keluar lagi dan terdapat tulisan dimesin atm itu : kartu anda tidak dapat diproses , silakan hubungi bank anda , kalo begitu kenapa ya gannn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kartu ATM agan sdh kadaluarsa, coba cek di kartu agan bagian depan.

      Delete
  107. Kalo krtu atm terblokir, saldo di tabungan ttep aman kan bang? Dan org lain msh bisa transfer kah?

    ReplyDelete
  108. Jika krtu atm trblokir tpi saldo di tabungan nya ttep aman kan bang? Dan apakah msh bisa menerima transfer dari orang lain?

    ReplyDelete
  109. Jika krtu atm trblokir tpi saldo di tabungan nya ttep aman kan bang? Dan apakah msh bisa menerima transfer dari orang lain?

    ReplyDelete
  110. Kalo atm yg d blokir diisi bisa masuk juga yahh trus bisa di ambil apa ngga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa masuk. Tapi klo mau ambil, bisa diambil di Teller langsung.

      Delete
  111. Kalau Perbaiki di Bank Pusat Bisa Gk Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa. Silahkan dicoba, soalnya saya sendiri belum pernah.

      Delete
  112. Kalau Perbaiki di Bank Pusat Bisa Gk Mas?

    ReplyDelete
  113. Mas, hari ini atm saya keblokir, karna 3X salah memasukkan PIN.
    ATM saya beralamat Jakarta, sedangkan saya sekarang bertempat tinggal di Jawa Timur, begitu pun KTP saya sudah Jawa Timur, apakah gak ada harapan ATM saya kembali aktif? mau kepusat nya nanti, tapi udah pesimis takut tidak dilayani, karna ATM Jakarta.
    Mohon solusi serta pendapatnya... Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya, mending dilaporkan saja ke Kantor Cabang yg terdekat. Tetap bawa KTP, buku tabungan dan kartu ATM. Pasti dilayani. Tapi hasil akhirnya, saya tidak tahu. Toh, apa salahnya dicoba. Jawa Timur nya di mana, mbak?

      Delete
  114. mas ko saya ngecek saldo terus ada bacaaan "saldo anda RP. "
    saya binggung ko engga ada angka nya ?
    itu emng atm saya tidak ada saldo tabungan apa ke blokir ya ?

    ReplyDelete
  115. mas saya mau nanya ?
    kan saya ngecek saldo terus ada bacaan " saldo anda RP. "
    itu saldo saya yang 0 apa kena blokir ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ngeceknya dimana, Mas adho ? Sms, internet banking, atau ATM. Baru tahu aku !

      Delete
  116. ATM saya lgi geblokirni mas tolong bantuanya. Kalau datang ke cs cuma bawa ATM sama KTP bisa ngk y mas soalnya saya lgi di luar kota

    ReplyDelete
  117. Kartu ATM saya lagi geblokir ni mas tolong bantuanya. Kalau datang ke CS cuma bawa kartu ATM sama KTP bisa ngk y mas? Soalnya saya lagi di luar kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. G bisa kayaknya. Karena di buku tabungan ada validasi tanda tangan juga.

      Delete

Tinggalkan komentar, walaupun sangat menyakitkan bagi saya. Karena itu akan sangat berharga bagi saya pribadi dan blog ini.